Minggu, 20 Desember 2015

Science and Social

IPA dan pengetahuan sosial memiliki hubungan yang sangat erat, sehingga interaksi kedua disiplin ilmu ini senantiasa akan terjadi dengan atau tanpa perencanaan khusus. Seperti kita ketahui hakikat IPA tidak hanya menyangkut science as body of knowledge, the way of thinking dan the way of investigating, namun juga hakikat IPA menyangkut science and interaction with technology and society (Chiapetta & Coballa, 2010: 105). Oleh karena itu pembelajaran IPA hendaknya selalu dikaitkan dengan aspek teknologi dan masyarakat.
Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan IPA dengan pengetahuan sosial adalah pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Pendekatan STM memiliki ciri yaitu menghadirkan isu terkait dampak sains dan teknologi terhadap kehidupan sosial masyarakat. Isu merupakan permasalahan yang bersifat kontroversi. Dengan pendekatan STM siswa dirangsang untuk mengemukakan pendapat sekaligus menyelesaikan masalah terkait isu di sekitar mereka. Dengan demikian pembelajaran IPA akan lebih bermakna.
Cara paling praktis dan sederhana untuk menerapkan pembelajaran STM adalah dengan mengangkat isu yang sedang hangat dibicarakan di media masa. Tentu saja isu dipilih terlebih dahulu agar sesuai dengan materi pelajaran. Misalnya saja pada materi pelajaran energi dalam sistem kehidupan, isu mengenai  kelangkaan BBM dapat dimasukkan ke dalam pembelajaran. Artikel pada surat kabar dapat dipersiapkan oleh guru, lalu siswa diinstruksikan untuk membaca. Setelah itu siswa berdiskusi dalam kelompok kecil dengan beberapa arahan pertanyaan yang telah disiapkan oleh guru. Setelah itu setiap perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi untuk ditanggapi oleh kelompok lain.
Isu mengenai kelangkaan BBM merupakan isu yang menarik, karena bisa dikaitkan dengan konsep IPA sendiri yaitu mengenai energi dan sumbernya serta bentuk dan perubahan energi, juga dapat terkait dengan bidang disiplin ilmu lain yaitu pengetahuan sosial. Keterkaitan dengan pengetahuan sosial diantaranya menyangkut kebijakan ekonomi oleh pemerintah dengan menaikkan harga BBM, dampak kenaikan BBM terhadap perekonomian masyarakat, pengetahuan tentang sejarah dihasilkannya BBM. Diskusi siswa biasanya akan berkembang diluar dugaan kita, sehingga tanpa disadari dimensi aplikasi dari IPA secara otomatis telah tertanam dalam diri siswa. Hal yang diharapkan melalui pembelajaran seperti ini adalah siswa dapat menerapkan nilai-nilai praktik sains dalam kehidupan sehari-hari seperti pola hidup hemat energi.

Demikian pendapat penulis mengenai cara praktis memadukan IPA dan pengetahuan sosial. Semoga tulisan ini bermanfaat! Keep spirit and enjoy science in your daily life!! Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar