Rabu, 09 Maret 2016

Mencari Jurnal Internasional Terindeks (Bagian 1)


Pada era sekarang ini, seorang guru dituntut untuk selalu meng-update pengetahuannya di bidang pendidikan. Berbagai riset di bidang pendidikan dapat kita peroleh melalui jurnal. Banyak jurnal di bidang pendidikan yang dapat kita akses melalui internet, namun tidak jarang jurnal tersebut termasuk predator atau jurnal ‘abal-abal’.  Jurnal yang ‘diakui’ risetnya dalam skala internasional diantaranya yaitu jurnal yang terindeks oleh DOAJ dan SCOPUS.
Cara untuk mencari jurnal yang terindeks DOAJ yaitu dengan membuka alamat https://doaj.org. Biasanya kita lebih memilih mencari jurnal berbahasa Indonesia atau jurnal berbahasa inggris yang authornya orang Indonesia, karena jurnal seperti ini akan lebih mudah dipahami. Jika kita menuliskan key-word education pada kolom pencarian dengan kategori author dari Indonesia, maka akan muncul sekitar 300 lebih alamat jurnal. Berikut ini adalah alamat jurnal di bidang pendidikan IPA terindeks DOAJ yang berhasil dirangkum oleh penulis.

Adapun cara mencari alamat jurnal yang terindeks Scopus adalah dengan terlebih dahulu membuka http://scimagojr.com/. Ada sekirat lebih dari 900 jurnal yang terindeks scopus dengan key-word education dengan tidak membatasi negara asal author. Jurnal-jurnal tersebut dirangking, dan memiliki nilai indeks. Jurnal yang nilai indeksnya tinggi akan dengan mudah terarah ke alamat homepage, namun tidak demikian untuk jurnal dengan nilai indeks rendah. Berikut ini alamat jurnal di bidang pendidikan IPA bernilai indeks tinggi yang berhasil dirangkum penulis.
Demikian rangkuman alamat jurnal pendidikan IPA yang terindeks DOAJ dan SCOPUS. Semoga bermanfaat.
Sumber:


2 komentar:

  1. Mantap, memudahkan mencari referensi..

    http://iyonesia.blogspot.co.id/2016/03/mengecek-plagiarisme-secara-online.html?m=1

    Sblm makalah masuk cek dulu isinya...

    BalasHapus
  2. Siipp...lanjutkan...

    Salam blogger

    www.sangpengajar.com

    BalasHapus