Minggu, 06 Oktober 2019

Asyiknya Belajar Hukum Ohm dengan Animasi di Laboratorium Maya RUMAH BELAJAR

Hai sobat IPA semua... kalian masih ingat kan sama Hukum Ohm? Itu loh hukum yang menjelaskan tentang hubungan antara kuat arus listrik, tegangan dan hambatan, dimana kuat arus listrik berbanding lurus dengan tegangan, dan berbanding terbalik dengan hambatan.

Secara matematis, Hukum Ohm dirumuskan dengan persamaan I = V/R, dimana I adalah kuat arus listrik dengan satuan ampere, V adalah tegangan dengan satuan volt, dan R adalah hambatan dengan satuan ohm. 

Tentunya persamaan tersebut dapat dibuktikan dengan percobaan di laboratorium. Dengan melakukan praktikum tentu kita akan lebih memahami. Namun jika alat laboratorium tidak tersedia atau waktu kita terbatas untuk melakukan percobaan, berikut ini solusinya:

1. Buka http://belajar.kemdikbud.go.id, atau download aplikasi versi androidnya di playstore dengan mengetik "rumah belajar"
2. Setelah portal atau aplikasi RUMAH BELAJAR terbuka, scroll ke bawah lalu pilih menu Laboratorium Maya lalu klik "coba sekarang"

3. Pada layar akan muncul banyak menu percobaan. Untuk  mempermudah pencarian klik terlebih dahulu "lihat selengkapnya"
4. Setelah itu klik tiga garis pada pojok kanan atas untuk memilih kategori materi praktikum. Lalu pilih SMP, lalu pilih mata pelajaran IPA

5. Pilih "fisika hukum ohm (smp)" lalu pilih "lakukan percobaan sekarang"

6. Akan nampak rangkaian percobaan, dengan angka tertentu pada arus, tegangan dan hambatan. Kita bisa mengatur angka-angka tersebut dengan memilik menu pada pojok kanan atas

7. Berikutnya akan tampil pengaturan arus, tegangan dan hambatan. Jangan lupa untuk menyalakan saklarnya ya... Dan jika sudah, untuk melihat hasilnya kita klik lagi strip tiga di pojok kanan atas.
Demikianlah panduan belajar hukum Ohm di Rumah Belajar. Selamat mencoba dan jangan lupa enjoy our science today!!

0 komentar:

Posting Komentar